Jumat, 11 Februari 2011

Mengajari anak baca Gak sulit lhooo

hi moms,i thought this time i'll write in indonesian.soo here it goes..


Sulit mengajarkan anak membaca?jangan sentreeess dulu,momss..

yang pertama harus diingat adalah: lets make the learning process FUN, jangan sampai kita memposisikan anak balita yang sedang belajar baca seperti murid sd yang memang sudah siap masuk pada tahap belajar lebih ke sisi kognitif(duduk di meja,dikenalkan bentuk dan simbol2,de elel seperti pas jaman 80-90an kita belajar baca lhoo)..lets have FUN with alphabets,numbers,n hijaiyah letters.

Dengan cara2 kreatif anak lebih cepat belajar lhoo..


Berikut tips2nya:


1. Perbanyak poster2 huruf yang menarik,tempel di tempat2 yang mudah dan sering dilihat anak. banyak koq moms,mulai dari abang2  sampai gramedia juga ada. Atau if u can draw,gambar bentuk2 huruf dalam aneka warna dan tempel. Sebaiknya dimulai dengan a, i, u, e, o. Kalau dia tertarik dan mulai mengenali bentuk2nya, tambah lagi hurufnyaa


2. Pilih metode belajar, tetapkan tujuan: awalnya mengenali bentuk2 huruf, berikutnya merangkai. ada banyak metoda. pilih satu yang tepat, konsisten ajarkan pada anak dengan berbagai media.

Kalau aku, mengenalkan a,i,u,e,o dulu.. baru tambahin b. b  berteman dengan a jadi ba, dengan i jadi bi dst..kalau sudah hafal, tambahin c. c berteman dengan a jadi ca, dengan i jadi ci, dst..


3. b creative!!

maksudnya, momsnya juga mesti menarik..bukan menarik beca,eh maksudnya bukan menarik dalam artian dandan gitu,,TAPI menarik bagi anak2..fokus pada kesenangan anak. mereka umumnya suka warna-warni, games lari2an dll. Dalam setiap permainan sisipkan pengenalan huruf or angka or hrf hijaiyah. berikut beberapa games:

a. beli atau bikin kartu  huruf warna-warni sebanyak 2 set,1 set utk moms.1 set disimpan di ember agak jauh dari anak+moms.tunjukkan satu kartu lalu minta anak mencari kartu yg sama di ember. kalo anak berhasil beri benda kesukaannya yg dimulai dengan huruf yang ia temukan, seperti:mainan ultraman utk huruf U.

b. bikin cerita dengan karakter huruf2 yang lucu

c. cetak kue berbentuk huruf, cetakan huruf bisa menggunakan cetakan play doh(lilin) loohh(tapi yang bersih tentunya)

d. bikin huruf dengan lilin mainan

e. de ell


3. Use Medias.

Maksudnya,gunakan berbagai media yang menarik, seperti vcd, games komputer, ipad, iphone, and others.Berikut produk favorite my 4 boys:



yang ini menarik banget moms,ada 2 jilid,@25 rb. bisa dibeli di klikcms.com. Enak loh belanja di sini, bisa cod alias dianter ke rumah,g pake cape nyarinya or transfernya..ada banyak cd2 edukasi lainnya jugaa. Termasuk cd komputer akal;ini lengkap loh

;

dengan metode cantol raudhoh juga oke,coz balita loves music!






 dan banyak media lainnya,seperti mainan2 huruf, balok2 kayu,dan lain2. kuncinya: tanamkan ketertarikan pada huruf!!

psst..4 moms with ipad or iphone: make the best use of yr gadget!!get learning apps at the apps store!!it really is a fun gadget,even for very young kids..


Apapun yang moms lakukan, selalu perhatikan KETERTARIKAN ANAK. Kalau dia tertarik, tambah stimulan, kalau ia tidak tertarik, JANGAN DIPAKSA, b more creative, lebih menarik lagi, atau take a break,  maybe he's just not in to it right now..


Jangan mudah patah semangat ya moms, banyak koq yg punya anak 3 thn udah bisa baca(anakku contohnya).Jangan lupa berdoa juga, coz nomatter what, toh semuanya tergantung pada Allah SWT...sooo

HAVE FUN,moms!!


 ps: o ya 4 more information about reading methode u can go to belajarmembaca.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar